Cara dan Syarat Aktifkan KIS dari BPJS yang tidak Aktif?
Cara dan Syarat Aktifkan KIS dari BPJS yang tidak Aktif? - Apa kabar rajaseobacklink, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Cara dan Syarat Aktifkan KIS dari BPJS yang tidak Aktif?, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.
Judul : Cara dan Syarat Aktifkan KIS dari BPJS yang tidak Aktif?
URL : Cara dan Syarat Aktifkan KIS dari BPJS yang tidak Aktif?
Cara dan Syarat Aktifkan KIS dari BPJS yang tidak Aktif?
Auto debit pun telah selesai terdaftar dan akan secara otomatis menarik saldo rekening sesuai dengan tagihan. Selain menggunakan platform yang telah disediakan BPJS, kamu juga bisa membayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM atau mobile banking yang disediakan oleh layanan perbankan. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM dan imput PIN. Klik "pembayaran" ketika sudah masuk ke akun M-Banking BNI. Pilih "BPJS Kesehatan" dan ketik nomor Virtual Account. Selesaikan pembayaran dengan memasukkan PIN M-Banking setelah memastikan nominal tagihan BPJS Kesehatan tepat. Setelah kartu masuk ke dalam mesin ATM, masukkan PIN. Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan. Periksa kembali nama peserta beserta nominal tagihan yang perlu dibayar. Buka Mobile Banking BCA kamu. Masuk ke dalam akun M-Banking. Masukkan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan kamu. Periksa kembali nominal tagihan BPJS Kesehatan dan selesaikan pembayaran dengan memasukkan PIN M-Banking. Selain melalui lembaga keuangan, kamu juga bisa m embayar BPJS Kesehatan secara online melalui situs-situs e-commerce favorit. Saat ini, hampir semua situs e-commerce menyediakan layanan pembayaran BPJS Kesehatan, mulai dari Bukalapak, Tokopedia, sampai Shopee.
Ditambah lagi perusahaan sudah tidak menanggung lagi iuran tersebut. Jadi sebaiknya kamu segera mengubah status kepesertaan BPJS perusahaan ke mandiri setelah resign. Nantinya saldo yang terlanjur kamu bayarkan setiap bulannya dan mengendap, akan digunakan untuk membayar iuran BPJS mandiri setelah kamu melakukan pengubahan status. 3. Bagaimana nasib uang yang sudah kita bayarkan setelah BPJS tidak dibayarkan lagi oleh perusahaan? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, uang yang sudah kamu bayar setelah BPJS tidak dibayarkan oleh perusahaan tidak akan hangus. Uang tersebut akan menjadi saldo mengendap yang dapat digunakan ketika kamu sudah mengubah status kepesertaan BPJS dari BPJS perusahaan menjadi BPJS mandiri. 4. Apakah mengubah status BPJS dari perusahaan ke man diri bisa dilakukan secara online? Merubah status kepesertaan BPJS Kesehatan perusahaan ke mandiri dapat dilakukan secara online. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi JKN Mobile. Dulunya JKN Mobile hanya dapat digunakan untuk mengubah faskes saja, namun semenjak adanya pandemi Covid-19 di tahun 2020, cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online dapat dilakukan melalui aplikasi JKN Mobile.
Adapun layanan yang dapat diakses oleh peserta melalui PANDAWA berupa pendaftaran peserta JKN-KIS baru, tambah anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), melakukan penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, serta pengaktifan kembali JKN-KIS. Diharapkan melalui kanal layanan tersebut, hak peserta dalam mendapatkan kemudahan layanan dapat terpenuhi. 2. Setelah itu anda bisa meminta no whatsapps pandawa BPJS kota anda tinggal atau kota yang dituju . 3. Setelah mendapatkan no whatsaapa pandawa anda bisa menghubungi no pandawa tersebut pada hari senin - jumat pukul 08.00 - 15.00 kecuali hari libur. 4. Setelah itu anda disuruh untuk mengirimkan no NIK atau NO BPJS bila dulu pernah punya. 5. Setelah itu anda disuruh untuk mengisi formulir yang di tulis secara langsung melalui google dokumen.misal nama dan no HP. 6. Setelah itu anda bisa siapkan berkas untuk di foto dan dikirim meliputi, foto selfi sambil pegang KTP (bisa diwakilkan),KK,KTP,Buku tabungan,Print atau screen shoot saldo tabungan terakhir bila menggunakan mobile banking.
Informasikan kepada petugas: setelah tiba di kantor Samsat, informasikan kepada petugas bahwa Anda ingin membayar denda pajak mobil. Mereka akan memberikan instruksi lebih lanjut. Bayar denda: Anda akan diminta untuk membayar denda pajak mobil di loket yang disediakan. Pastikan Anda membawa uang tunai atau metode pembayaran yang diterima di kantor Samsat tersebut. Dapatkan bukti pembayaran: Sete lah pembayaran selesai, pastikan Anda menerima bukti pembayaran resmi. Ini adalah tanda bahwa Anda telah melunasi denda pajak mobil Anda. Pembayaran secara offline ini mengharuskan Anda untuk mengunjungi kantor Samsat fisik, yang mungkin memerlukan waktu tambahan. Namun, ini tetap menjadi pilihan bagi mereka yang lebih suka berinteraksi langsung dengan petugas dan melakukan pembayaran secara tunai. Pembayaran denda pajak mobil secara online adalah pilihan yang semakin populer dan nyaman di era digital ini. Akses situs web e-Samsat atau aplikasi: Buka situs web resmi e-Samsat yang sesuai dengan wilayah Anda atau unduh aplikasi mobile yang disediakan oleh pemerintah, jika tersedia. Login atau daftar akun: Jika Anda belum memiliki akun, daftar akun Anda di situs web atau aplikasi.
Nah itulah artikel saya tentang Cara dan Syarat Aktifkan KIS dari BPJS yang tidak Aktif?
Sobat sedang membaca artikel Cara dan Syarat Aktifkan KIS dari BPJS yang tidak Aktif? dengan alamat URL https://rajaseobacklink.blogspot.com/2023/10/cara-dan-syarat-aktifkan-kis-dari-bpjs.html