Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop



Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop - Apa kabar rajaseobacklink, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.

Judul : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop
URL : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Baca juga


Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Alternatif lainnya, kamu juga dapat menggunakan CMD. Cara ini dapat kamu gunakan jika file yang terhapus tidak muncul di Recycle Bin. 1. Klik tombol Search, lalu ketikkan cmd. 2. Klik kanan pada Command Prompt, lalu piih Run as administrator. 3. Pada jendela Command Prompt, ketikkan chkdsk Y: /f dan tekan Enter. Ganti huruf Y dengan nama Drive di mana file tersebut disimpan. 5. Tunggu proses recovery file berlangsung. Pada saat tersebut, jangan menyimpan, menghapus, atau memindahkan file. Tujuannya yaitu untuk menghindari tertimpanya file. Berbeda dengan cara di atas, di sini kamu membutuhkan software tambahan untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop atau PC. Recuva merupakan salah satu software yang digunakan untuk memulihkan file terhapus di laptop. Meskipun ditawarkan sebagai tool berbayar, namun kamu juga dapat menggunakan versi gratisnya. Kamu pun dimungkinkan untuk melakukan recovery tanpa batas meskipun tidak menggunakan versi premiumnya. 1. Download software Recuva . 3. Pada jendela aplikasi, tentukan partisi penyimpanan file yang ingin dikembalikan. 4. Tunggu hingga Recuva menunjukkan semua file yang sudah dihapus dari partisi yang dipilih. 5. Jika sudah, pilih file yang ingin dikembalikan dengan mencentangnya. Namun perlu diingat, tidak semua file dapat dipulihkan. Untuk mengetahuinya, silahkan lihat menu State. Jika terdapat file dengan status Unrecoverable, itu menandakan file tidak bisa dikembalikan. Kemungkinan file tersebut sudah ditimpa oleh file lainnya. Selain Recuva, kamu juga dapat menggunakan software MiniTool Data Recovery untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop. Meskipun demikian, terdapat kelebihan yang tidak dimiliki oleh software Recuva. Pertama, hasil pemindaian dari software ini disajikan dengan lebih terorganisir. Selain itu, tool ini juga mampu memperlihatkan folder yang telah dihapus. Ini berguna jika file yang ingin kamu kembalikan berada dalam satu atau beberapa folder. Ditambah, kamu juga dapat menampilkan fi le dengan jenis tertentu. Caranya klik menu Filter, lalu klik tombol All Files untuk menentuk jenis file lainnya.

Komputer lambat, tentu semua menjadi jengkel. Dalam benak kita bertanya apa yang menjadi penyebabnya. Yang paling sering terjadi penyebabnya adalah kita sendiri yang sering lupa tidak membersihkan file-file sampak yang sudah tidak terpakai pada tong sampah windowsalias recycle bin. Jika ingin menginstal sofware sebaiknya yang penting dan dibutukansaha, jangan terlalu banyak menginstal sofware yang tidak digunakan. Hal ini secara otomatis akan mengambil space komputer sehingga pada akhirnya akan menggangu kerja komputer itu sendiri. Jika sudah terlanjur terinstal, anda dapat menghapusnya dengan cara meng-uninstall aplikasi tersebut dari control panel. Caranya klik Start, pilih control panel.kemudian klik add or remove program. Setelah muncul kotak dialog add or remove program, pilih aplikasi atau program yang hendak di hapus, selanjutnya klik remove. 2. Banyak file sampah. Ini mungkin yang sering dilupakan banyak orang yaitu tidak mengetahui file-file sampah yang seharusnya dibuang. Ketika menghapus file yang tidak digunakan, tidak secara oromatis file tersebut akan terhapus dari hardisk.

Cara pertama ini dapat dilakukan tanpa menghapus data. Berikut ini adalah cara memperbaiki flashdisk yang minta format tanpa menghilangkan data. 1. Hubungkan flashdisk pada laptop atau komputer. 2. Lihat di drive mana flashdisk yang minta format tersebut berada. Anda bisa melihatnya melalui file explorer atau my computer. 4. Ketik cmd lalu tekan Enter untuk membuka Command Prompt. 5. Ketik chkdsk M: /r lalu Enter untuk memperbaiki flashdisk. Ingat, ganti M dengan lokasi drive FD anda! 6. Tunggu hingga proses cek dan repair selesai. Saat ada pertanyaan Convert lost chains to files? Ketik y lalu tekan Enter. Maka proses akan berlanjut. 7. Buka file explorer atau my computer saat proses selesai. Seharusnya flashdisk sudah bisa dibuka dan file tidak hilang. Jika masalah pada flashdisk kita tidak terlalu parah maka dengan 7 langkah di atas sudah bisa mengatasi ini. Namun jika masih minta format berarti partisi pada FD tersebut sudah benar-benar hilang.

Terdapat pula ukuran maksimal yang bisa kamu tambahkan untuk hardisk. Ukuran ini tentu bisa sesuai dengan ukuran unallocated space yang kamu punya. Karena ukurannya diambil dari unallocated space. Klik tombol Next kembali. Kamu bisa menunggu prosesnya hingga selesai dan klik Finish. Selain menggunakan fitur bantuan dari Windows, kamu juga bisa melakukan partisi hardisk dengan beberapa aplikasi gratis. Cara membagi partisi hardisk dengan software pilihan yaitu Active@ Partition Manager. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup bagus dan mendukung banyak format disk. Mulai dari FAT hingga EXT4. Selain itu, juga menyediakan convert MBR dan GPT. Membuat partisi FAT32 hingga 1 terabyte dan juga merubah boot records. Tidak hanya Windows 10 saja, aplikasi ini juga bisa digunakan pada Window s 8, Windows 7, Windows Vista hingga XP. Aplikasi ini juga sangat kecil hanya memiliki ukuran 19,5 MB. Aplikasi ini bisa jadi opsi lain jika anda tidak ingin menggunakan cara partisi dengan fitur Windows bawaan. Pada fitur ini kamu bisa melakukan resize partisi, menggabungkan, split, recovery, dan juga membuat partisi baru.



Nah itulah artikel saya tentang Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

OK sekian dulu artikel saya Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dengan alamat URL https://rajaseobacklink.blogspot.com/2023/01/cara-mengembalikan-file-yang-terhapus_77.html