Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula



Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula - Apa kabar rajaseobacklink, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.

Judul : Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula
URL : Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula

Baca juga


Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula

Ini memungkinkan Kamu untuk mencapai hasil cetak yang profesional. Karena popularitas Office Word, banyak tutorial dan panduan online tersedia untuk membantu pengguna dalam membuat label undangan. Kamu dapat dengan mudah menemukan sumber daya dan dukungan online untuk memandu Kamu melalui proses pembuatan label undangan. Membuat label undangan otomatis di Office Word dapat menghemat banyak waktu dan tenaga, terutama jika Kamu memiliki daftar undangan yang panjang. Kamu tidak perlu mengetik setiap label secara manual, melainkan hanya perlu mengimpor data dan menggabungkannya dengan dokumen label. Langkah pertama dalam membuat label undangan otomatis di Office Word adalah persiapan data undangan Kamu. Kamu dapat menggunakan spreadsheet Excel atau Google Sheets untuk mengumpulkan dan mengatur informasi undangan, seperti nama tamu, alamat, dan informasi kontak lainnya. Pastikan data ini terorganisir dengan baik sehingga nantinya mudah kita impor ke Office Word. Buka Microsoft Office W ord pada komputer Kamu. Pilih Dokumen Baru atau File Baru untuk memulai. Kemudian, di Office Word kita sekarang akan membuat format label undangan tipe 103 atau 121. Memang, pada umumnya label undangan yang sering digunakan adalah tipe 103 dan 121. Dalam 1 lembar kertas label biasanya terdiri dari 12 label.

MS Excel, secara default dokumen baru Excel akan tersimpan di Sheet 1, namun jika Anda membuat datanya di Sheet 2, maka silahkan disesuaikan. 4. Kita coba isi label pertama. Pada menu Mailings, pilih Insert Merge Field, kemudian pilih NAMA, dilanjutkan dengan ALAMAT. 5. Copy tulisan pada label pertama, kemudian paste ke label sebelahnya. 7. Pada menu Mailings, klik Rules, kemudian pilih Next Record. Fungsinya untuk memasukkan nama berikutnya. Jika tidak, maka yang muncul dalam label adalah nama pertama semua. 8. Blok tulisan pada label kedua (yang sudah diberikan Rule Next Record), kemudian copy dan paste ke label-label yang masih kosong. Buat sebanyak jumlah nama di daftar penerima surat undangan. Untuk memperbanyak jumlah label, silahkan klik kanan kemudian pilih Insert Rows Below. 9. Silahkan rapikan label Anda. E untuk membuat posisi tulisan berada di tengah. 10. Pada menu Mailings, klik Finish & Merge, kemudian pilih Edit Individual Documents. 11. Pilih All, kemudian pilih OK. Pada tahap ini dokumen sudah siap untuk dicetak (dalam contoh menggunakan kertas label merk Tom&Jerry No. Tapi jika Anda teliti mengikuti instruksi di blog ini pasti bisa, kok. Sekian tutorial Cara Membuat Format Label Undangan di MS Word. Jika bermanfaat, bagikan artikel ini ke teman-teman Anda, ya!

7. Kemudian klik OK. Untuk memudahkan pengaturan layout label sebelum di print maka bisa menggunakan garis tepi/border. Untuk memunculkan garis tepi table. 8. Setelah diatur dengan borders, selanjutnya mulai memasukan data yang ada di Ms. Excel "LIST UNDANGAN" agar bisa terkoneksi dengan Ms. 9. Masih di Ms. Word. Masuk kembali ke Mailings, klik selectRecipient - Use E xisting List. Disini nanti carilah file excel yang dipersiapkan sebelumnya. 10. Klik di file Ms. 12. Agar rapi, atur semua text menjadi rata tengah. 13. Kemudian Klik Preview Result pada tab Mailings, untuk melihat nama-nama undangan yang tadi dipersiapkan. Sekaligus mengecek koneksi file excel yang berisi daftar nama ke file word. 15. Tahapan berikutnya adalah mencetak label dengan printer. Pada tab Mailingsklik Finish and Merge - Print Documents. 16. Akan muncul tampilan seperti ini. Baca Juga: Hindari Kebiasaan Ini Untuk Menghindari Penyakit Kanker Serviks, Berikut Penjelasan dr. Pilih All jika anda ingin mencetak semua daftar nama dan alamat. Pilih Current record jika anda hanya ingin mencetak nama-nama dan alamat yang sedang muncul di Ms.Word. Pilih From jika anda ingin mencetak nama-nama pada nomor terntentu pada data yang terisi didalam file excel tadi. Misalnya anda ingin mencetak data nama pada nomor 5 sampai 20 saja, maka masukkan angka From 5 to 20 lalu klik OK. 1. Untuk memastikan layout yang telah kita buat sudah pas atau belum, sebaiknya coba cetak satu dulu dengan memilih opsi Curent Record. Lalu setting Print Layout sesuai printer yang dipergunakan masing-masing. Ikuti arahan printer normal seperti biasanya. 2. Tampilan pengaturan kertas tiap printer berbeda-beda. Printer yang kita gunakan pada tutorial ini adalah EPSON L120 Series. Jika ternyata hasil cetakannya tidak pas, anda bisa mengaturnya ulang dengan cara mengatur margin kursor left Indent pada Ms. Word. Pada tab Page Layout klik tanda panah kecil yang ada dibawah. Lalu atur nilai Margin atas (Top Margin).

Kalau Microsoft Word yang Anda gunakan menggunakan satuan ukuran inchi jangan lupa ketik "cm" setiap kali Anda memasukkan ukuran, bukan Inchi ("). Kalau ingin lebih mudah, silahkan ubah ukurannya menjadi cm. Kalau semuanya sudah diatur, klik OK. Perlu diketahui, meskipun nomor labelnya sama, jika Anda menggunakan merek yang berbeda ukurannya pun akan berbeda. Jika Anda men ggunakan merek atau nomor label lain selain Tom and Jerry dan Koala 103, silahkan ukuran menggunakan penggaris. Kalau Anda tidak tau ukuran label yang digunakan, silahkan tulis merek dan nomor label di kolom komentar nanti saya bagikan detail ukurannya. Langkah 3: Pada bagian Label Options, silahkan pilih label yang telah dibuat tadi (Tom and Jerry 103) kemudian klik OK. Sampai di sini kita sudah berhasil mengatur dan membuat ukuran label, Anda akan melihat garis-garis label sesuai dengan ukuran yang telah diterapkan. Selanjutnya kita akan memasukkan data undangan yang telah dibuat menggunakan Microsoft Excel ke dalam label yang dibuat menggunakan Microsoft Word. Use an Existing List, kemudian cari dan pilih data undangan yang telah dibuat menggunakan Excel lalu klik tombol Open.

Ukuran sel harus sesuai dengan ukuran label Anda. Jika Anda ingin membuat label khusus, tidak perlu mencari lagi selain Microsoft Word. Baik untuk penggunaan pribadi atau profesional, Word menyediakan kumpulan fitur lengkap untuk membuat label surat yang dipersonalisasi. Buka Word dan klik Surat pada baris menu. Kemudian klik Label di pita. Di bagian "Cetak" dari jendela Label (bukan tombol Cetak di bagian bawah), pilih "halaman penuh dari label yang sama". Klik tombol Opsi di bagian bawah jendela. Pilih nomor produk dari daftar, dan klik OK. Masih di jendela Label, ketikkan alamat di kotak alamat. Untuk mengubah properti font, sorot alamat, klik kanan, dan klik Font. Lakukan perubahan Anda, dan klik OK. Masih di jendela Labels, klik tombol New Document di bagian bawah. Sebuah dokumen Word akan muncul berisi label. Jika Anda ingin mengubah posisi alamat atau menyisipkan gambar, lanjutkan di bawah. Anda pada kertas biasa untuk memastikannya pas pada label Anda.



Nah itulah artikel saya tentang Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula

OK sekian dulu artikel saya Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Panduan Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula dengan alamat URL https://rajaseobacklink.blogspot.com/2023/10/panduan-cara-membuat-label-undangan-di.html