Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0



Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0 - Apa kabar rajaseobacklink, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.

Judul : Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0
URL : Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0

Baca juga


Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0

Sistem pemasaran yang menerapkan digital marketing harus menggunakan strategi pemasaran yang matang agar dapat sesuai dengan target pasar serta memenuhi kebutuhan konsumen. Umumnya, digital marketing memanfaatkan media online dan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efisien. Media online dan media sosial sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat luas saat ini. Kini, masyarakat Indonesia bahkan luar negeri menggunakan smartphone sebagai saluran komunikasi utama. Jaringan internet yang semakin lancar juga menjadi pendukung perkembangan sistem digital marketing ini. Tidak hanya itu saja, pertumbuhan e-commerce yang semakin banyak di berbagai bidang usaha memberikan kemudahan para konsumen untuk mendapatkan produk dan jasa yang diinginkan. Pada umumnya digital marketing terdiri dari lima kategori. Dimana setiap kategori masih saling berkaitan dengan kategori lainnya. Search engine optimization atau disingkat SEO merupakan suatu usaha untuk optimasi webs ite yang digunakan untuk pemasaran digital agar website tersebut mendapatkan peringkat bagus di mesin pencarian seperti Google. Ketika website memiliki peringkat bagus maka website tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet saat mengakses Google pencarian. Search engine marketing atau disingkat SEM memiliki tujuan yang sama dengan SEO, yaitu meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur Google (SERP). Situs atau website yang digunakan sebagai sarana pemasaran digital akan mudah ditemukan di halaman pencarian Google apabila memiliki peringkat bagus dan sesuai dengan SEO maupun SEM. Ketika website pemasaran digital sudah dioptimasi, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat strategi konten marketing. Konten marketing dapat disesuaikan dengan produk atau jasa yang akan dipasarkan. Cara pemasaran digital yang dibuat harus bersifat relevan dan konsisten supaya mampu menarik minat konsumen. Konten yang dibuat untuk pemasaran perlu disesuaikan dengan target pasar yang telah ditetapkan. Pada kategori sebelumnya telah ditetapkan konten dan target pasar yang sesuai. Langkah selanjutnya yaitu menentukan media apa yang akan digunakan seabgai sarana digital marketing.

Yustika Yuliarti (47), tampak sigap dan cekatan mencelup dan mengangkat kain batik dari atas drum berisi air panas. Dalam pembuatan kain batik, yang dilakukan oleh pemilik Batik Natra itu, adalah proses penglorodan. Nglorod adalah proses perebusan kain dengan air panas sampai sisa malam (lilin batik) pada kain hilang. Rumahnya di Perumahan Jasmine Park J2 Nomor 11 Plamongan Indah, Batursari, Mranggen, Demak, dijadikan sebagai workshop, sekaligus gallery batik hasil kreasinya. Puluhan tahun menjadi marketing perusahaan farmasi dengan jabatan terakhir sebagai regional manager, Yustika memilih banting setir, menjadi wirausahawan batik. Bisnisnya berawal dari hobi menggambar, sekaligus mencintai batik. ''Saat kerja dan keliling Indonesia, saya selalu membeli batik asli daerah setempat untuk koleksi pribadi. Lama-lama jatuh cinta, mengapa saya tidak bikin batik sendiri? Yustika saat proses penglorodan kain batik. Ibu lima anak ini menuturkan, Batik Natra memproduksi kain, fashion dan craft batik khusus batik warna alam. Yang menarik, semua motif diciptakannya sendiri. Ada motif yang diberinya nama Sinaran Kidung Rekso Bumi (menjaga bumi tetap indah).

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi digital marketing yang bertujuan untuk menampilkan website atau blog Anda di posisi teratas hasil pencarian google untuk kata kunci (keyword) pilihan Anda. Hal ini bertujuan agar Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna search engine google. Optimasi SEO sendiri sangat bergantung pada mesin pencari. Sayangnya, banyak penggunaan strategi yang tidak tepat dapat meningkatkan bisnis Anda dikarenakan kurangnya pemahaman algoritma Google. Apabila hal itu terus dilanjutkan, bisnis Anda tidak akan dapat di te mukan dalam mesin pencari. Sebagai contoh, untuk produk usaha 'toko bunga', apabila ingin muncul di hasil pencarian utama saat orang mencari kata 'toko bunga' di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), usaha tersebut harus memaksimalkan strategi SEO. Masalahnya, spot tempat teratas yang menampilkan hasil pencarian (Search Engine Result Page - SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat saja. Website dengan peringkat teratas hasil mesin pencarian dipercaya selain membangun brand lebih terkenal di mata pengguna mesin pencari, juga mampu meningkatkan trafik pengunjung. Sedangkan setiap pemilik usaha ingin agar usaha mereka berada di posisi atas hasil pencarian.

Manfaat lainnya adalah bisa menarik pengunjung untuk rutin datang ke website. Agar lebih jelasnya, simak beberapa alasan yang mendasari pentingnya konten berkualitas untuk situs website bisnis Anda. Website bisnis harus berkembang dengan baik, salah satu tandanya adalah dengan jumlah pengunjung yang s emakin meningkat setiap bulannya. Semakin banyak yang mengunjungi suatu website, kemungkinan konsumen juga akan meningkat lebih banyak. Tapi bukan hal mudah bagi sebuah bisnis untuk mendapatkannya. Cara ampuh supaya bisa menarik minat para pengunjung yaitu menghadirkan konten berkualitas. Karena banyak para pebisnis yang memakai teknik ini entah bisnis kecil mau pun bisnis yang sudah besar. Kualitas konten pada situs bisnis bisa berpengaruh terhadap performa website Anda. Walaupun situs Anda mempunyai template premium, akan sangat disayangkan jika tidak diimbangi konten yang berkualitas. Karena tanpa adanya update konten di website, maka Google akan menganggap website Anda tidak memiliki data terbaru yang ingin disampaikan ke pengunjung yang relevan. Dengan update artikel berkualitas terkait bisnis, maka akan menunjang membantu performa website menjadi lebih baik.



Nah itulah artikel saya tentang Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0

OK sekian dulu artikel saya Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0 kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0 dengan alamat URL https://rajaseobacklink.blogspot.com/2023/10/digital-marketing-strategi-pemasaran-di.html