Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang



Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang - Apa kabar rajaseobacklink, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.

Judul : Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang
URL : Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang

Baca juga


Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang

Kalian mungkin akan kehilangan data/perubahan/pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya. Ada kasus laptop mengalami freeze atau hang yang ternyata disebabkan oleh limitasi/pembatasan daya baterai. Seperti yang diketahui, laptop menggunakan sumber daya baterai dengan konfigurasi khusus agar bisa menyala lebih lama dan tidak mudah habis. Usut punya usut, konfigurasi power/daya yang tidak tepat bisa menyebabkan masalah. Windows melakukan pengaturan hemat daya sehingga menyebabkan laptop mengalami hang atau freeze. Guna memperbaiki laptop freeze dan hang, pengaturan hemat daya sebaiknya dinonaktifkan. 7. Pada opsi On battery, atur ke Moderate power savings. Sistem operasi Windows dibekali program aplikasi khusus yang dinamakan Windows Memory Diagnostic. Fungsinya untuk melakukan diagnosa dan atau pemeriksaan modul RAM yang terpasang pada laptop/PC desktop. Perlu diketahui, modul RAM yang error bisa mengakibatkan terjadinya laptop hang, freeze, restart berulang, hingga blue screen. 4. Ada dua pilihan, lakukan pengecekan sekarang atau pengecekan saat restart berikutnya. 5. Silahkan pilih salah satu dari kedua opsi tersebut.

7. Klik "I accept the license terms" untuk menyetujui, kemudian Klik "Next". 8. Pilih "Custom advanced" untuk melanjutkan. Pada Langkah ini, sangat penting, artinya akan memulai dari awal, sehingga nanti sistem akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama. 9. Atur partisi sesuai keinginan. Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi yang akan di pasanag baru.Gambar diatas merupakan contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias (C:), dan Ketiga Data alias (D:). Jika pada gambar diatas pada kotak tersebut kosong, artinya hard disk tidak terbaca, maka hardisk kemungkinan rusak atau kurang bagus atau kabel ke hard disk tidak bagus atau tidak terdeteksi. 10. Hapus Partisi Sistem sebelumnya. Klik "Delete" Partisi Sistem Windows yang lama. Dengan "Delete" Partisi, ma ka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk (C:). Jadi kalo simpan Data-data dikemudian hari sebaiknya di (D:) atau yang lain.

Windows 10 S tidak akan mengizinkan akses apa pun ke lingkungan atau alat baris perintah. Anda tidak dapat meluncurkan lingkungan Command Prompt (CMD) atau PowerShell. Versi Windows ini tidak termasuk Subsistem Windows untuk Linux, juga. Anda tidak dapat menginstal Lingkungan Bash-on-Linux seperti Ubuntu, openSUSE, atau Fedora dari Windows Store. Seperti yang ditunjukkan Microsoft, semua alat baris perintah berjalan di luar "lingkungan aman" yang biasanya melindungi sistem dari aplikasi berbahaya atau berperilaku tidak semestinya. Anda harus menggunakan Microsoft Edge di Windows 10 S. Anda tidak dapat mengubah browser default Anda, dan Anda bahkan tidak dapat menginstal Google Chrome atau Mozilla Firefox. Itu adalah aplikasi desktop, dan tidak tersedia di Windows Store. Microsoft Edge j uga memiliki batasan besar pada Windows 10 S: Anda tidak bisa ubah mesin telusur defaultnya . Bing akan selalu menjadi default. Ini adalah perubahan besar bahkan dari Chromebook, yang memungkinkan Anda memilih mesin telusur apa pun yang Anda suka.

Koneksi tanpa kabel lebih menghemat penggunaan kuota. Alasannya, ukuran file update Windows 10 amat besar, yaitu sekitar 2 hingga 4 GB. Nah, langkah apa yang harus dilakukan untuk melakukan pembaharuan? Setelah memastikan bahwa internet Anda cukup stabil untuk melakukan download atau unduhan, temukan link di situs tepercaya dan segera lakukan unduh file tersebut. Buat salinan atau backup file dan data penting milik Anda. Ini merupakan langkah opsional. Buatlah recovery drive. Ini juga sebuah langkah opsional. Artinya, Anda tidak harus memenuhi syarat ini. Temukan file hasil unduhan tadi dan segera lakukan instalasi. Jalankan aplikasi Update Assistant dan klik tombol "Update Now" (Perbaharui Sekarang). Setelah ini, proses unduhan akan segera berlangsung. Sebelum berjalan, Windows atau sistem akan mengecek perangkat Anda terlebih dahulu. Ini untuk memastikan apakah perangkat keras sudah memenuhi syarat kompatibilitas atau belum. Setelah terpenuhi, Anda dapat segera menekan tombol Next. Anda hanya tinggal menunggu proses download dan update selesai. Pada akhir proses pembaharuan, sistem akan melakukan restart komputer dengan persetujuan Anda.

Cara ini mampu meminmalisir dampak terjadinya hang, ngeblank ataupun macet total pada saat laptop dan komputer berada di awal proses booting windows. Kita juga harus pandai untuk memisahkan berbagai macam jenis data, seperti data pribadi ataupun data yang akan disimpan untuk memori sistem. Sebab jika kita menggabungkan data sistem dan data pribadi menjadi satu tempat maka hal itu akan menimbulkan proses booting menjadi berjalan lamban sehingga akan mempengaruhi performa PC kita dan dapat mengakibatkan sering macet ngeblank. Untuk memisahkan data sistem dengan data p ribadu pada memori hardisk, maka kita dapat melakukan partisi hard drive agar dapat lebih mudah untuk melakukan manajemen data. Memori penyimpanan data untuk sistem merupakan memori utama untuk memproses data semua software dan aplikasi, oleh sebab itu jika bagian memori ini telah penuh maka hal ini bisa mengakibatkan dampak buruk pada performa laptop dan komputer. Oleh karena itu sangat disarankan sekali untuk menghapus file tidak penting seperti membersihkan data aplikasi yang sudah dicopot, data yang sudah tidak diperlukan lagi, serta data yang tidak berguna lainnya yang bisa membuat memori penyimpanan internal hardisk menjadi lebih longgar, sehingga hal ini dapat membantu proses kelancaran pada pembacaan data.



Nah itulah artikel saya tentang Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang

OK sekian dulu artikel saya Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Cara Partisi Harddisk Windows tanpa Install Ulang dengan alamat URL https://rajaseobacklink.blogspot.com/2023/01/cara-partisi-harddisk-windows-tanpa.html